MARQUEE berisi pesan tertentu

Minggu, 28 Mei 2017

Khasiat Dan Manfaat Buah DUWET ( jamlang) Bagi Kesehatan


            Duwet ( Eugenia cimini merr ). Memiliki segundang manfaat. Hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut telah diketahui kegunaanya. Saat ini duwet ( jamlang ) tergolong tumbuhan langka. Kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut merupakan salah satu factor terkait kelangkaanya. 

Di Indonesia, tumbuhan ini bisa hidup dengan subur. Banyak orang suka dengan daging buahnya yang putih dengan kemerah – merahan serta kulit buah yang licin berwarna merah dan unggu kehitamaan. Buah duwet ( jamlang ) berbentuk lonjong, demikian pula bijinya. Hampir seluruh bagian tanaman duwet mengandung saponin, flavonioda dan tanim.

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagia obat adalah kulit kayu, daging buah, dan bijinya, daging buah yang dignakan bisa yang segar atau yang telah di keringkan. Jika dimakan maka akan meyebabkan rongga mulut dan lidah akan berwarna unggu.
            Kandungan kimia dari buah duwet kaya akan vitamin C, A, riboflavin, kolin, asam folat, asam amino. Buah jamlang (duwet) juga kaya akan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, posporzat besi, seng dan mangan.

Setiap 100 gram buah jamlang (duwet) mengandung 130 mg vitamin C, nutrisi lainnya adalah protein 2,5 g, energi 134 kkal, lemak 3 g, karbohidrat 28 g, kalsium 7,4 mg, lemak 3 g, karbohidrat 28 g, kalsium 7,4 mg, zat besi 1,3 mg dan fosfor 138 mg.

Khasiat dan manfaat buah jamlang ( duwet ) bagian buahnya kaya akan kandungan antosianin yang berperan penting sebagai antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. Zat antosianin ini yang memberikan warna unggu pada kulit buah jamlang ( duwet ).

Buah jamlang ( duwet ) banyak dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol dan sebagai anti diabetes. Juga berkhasiat sebagai obat diare, obat sakit gula dan obat nyeri ginjal.

Melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing ( diuretic), peluruh kentut ( karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik)

Kulit kayu duet berkhasiat untuk peluruh haid. Hasil penelitian menunjukan biji, daun, dan kulit kayu, jamlang (duwet) mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah ( hipoglikemik) pada penderita diabetes malitus tipe II. 

Sekian tulisan tentang bauh duwet ( jamlang ) yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan, karenan dengan tubuh yang sehat kita dapat beraktifitas dengan maksimal.



Sumber : Grow Your Own Fruit
Oleh : Cahyo Saparinto, Rini Susiana.

0 komentar:

Posting Komentar