MARQUEE berisi pesan tertentu

Senin, 29 Mei 2017

Manfaat dan Khasiat Buah Manggis Bagi Kesehatan






Manggis (garcinia mongostana L.) adalah pohon dari daerah tropis yang di yakini berasal dari kepulauan Nusantara. Buah manggis berwarna merah keungguan ketika matang. Meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah.

Manggis merupakan salah satu tanaman buah yng pertumbuhanya paling lambat, tetapi umumnya membutuhkan 10-15 tahun untuk mulai berbuah. Tingginya mencapai 10-25 meter dengan ukuran kanopi sedang serta tajuk yang rindang berbentuk piramida. 

            Buah manggis mempunyai kandungan kimia dan khasiat yang bermanfaat begi kesehatan tubuh. Yang sekarang sedang digemari adalah kulit manggis yang digunakan sebagai obat herbal.

11.      Kandungan kimia
Komposisi bagian buah yang dimakan per100 gram meliputi 79,2 gram air, 0,5 gram protein, 19,8 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 11 mg kalsium, 17 mg fosfor, 0,9 mg besi, 14 IU vitamin A, 66 mg vitamin C, vitamin B (tiamin) 0,09 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0,006 mg, dan vitamin B5 (niasin) 0,1 mg.

Kulit manggis bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat. Kulit manggis mengandung senyawa xanton yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin.

22.      Khasiat dan manfaat
Manggis merupakan tanaman yang seluruh bagian tanamannya bermanfaat, mulai dari daging buah, kulit buah, daun, batang dan akar. Manfaat manggis bagi kesehatan di antaranya mengurangi resiko kanker, peradangan, alergi dan diabetes. Manfaat bauah manggis lainya adalah sebagai sumber antioksidan, antijamur dan antibakteri maggis juga bermanfaat untuk menjag kesehatan kulit, menjaga berat badan dan membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare dan desentri.

Secara tradisional buah manggis digunakan untuk mrngobati diare, radang amandel, keputihan, disentri, wasir, dan borok, selain itu juga dipakai peluruh dahak dan sakit gigi. Sedangkan kulit buah digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit dan kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri perut. Akarnya digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Sekian khasiat dan manfaat buah manggis yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan, karenan dengan tubuh yang sehat kita dapat beraktifitas dengan maksimal.


Sumber : Grow Your Own Fruit
Oleh : Cahyo Saparinto, Rini Susiana.

0 komentar:

Posting Komentar