MARQUEE berisi pesan tertentu

Rabu, 14 Juni 2017

Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan



Di Indonesia, buah naga (Hylocereus sp.) mulai populer tahun 2000. Tidak jelas benar siapa yang pertama kali mengembangkanny. Meskipun dikenal buah dari asia, tanaman ini berasal dari meksiko, amerika tengah dan amerika selatan. Pada mulanya bangsa perancis membawa buah naga dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias, karena berasa manis, buah naga kemudian di konsumsi secara meluas di Vietnam dan cina.


Diperkiran buah naga yang masuk ke Indonesia berasal dari Thailand dan di budidayakan oleh para penghobi tanaman secara sporadis. Bentuk buahnya unik dan menarik, kulitnya merah dan bersisik hijau mirip sisik naga sehingga di namankan buah naga atau dragon fruit.
 
Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah naga mempunyai banyak manfaat karena kandungan nutrisinya. Buah naga layak untuk dikonsumsi sebagai buah sehat 


  •    Kandungan kimia

Buah naga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik. Kandungan nutrisi dalam 100 mg buah naga secara umum adalah 0,229 g protein, 0,61 g lemak, 6,3 g kalsium, 36,1 mg fosfor, 11,5 g karbohidrat, 0,28 mg vitamin B1, 0,045 mg vitamin B2, 0,43 mg vitamin B3, 9 mg vitamin C dan air 83 g, buah naga mengandung serat yang cukup banyak, mencapai 0,7-0,9 gram per 100 g.


  •             Khasiat dan manfaat 

Buah naga memiliki cukup banyak khasiat bagi kesehatan, di antaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, membersihkan darah, menguatkan ginjal, menyehatkan lever, perawatan kecantikan, menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, mengurangi keluhan panas dalam dan sariawan, menstabilkan tekanan darah, mengurangi keluhan keputihan, mengurangi kolesterol, mencegah kanker usus serta mencegah sembelit dan memperlancar feses.


 
Sumber : Grow Your Own Fruit
Oleh : Cahyo Saparinto, Rini Susiana.

1 komentar: